RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK Nama Sekolah :....................... Tema : TEMPAT UMUM Kelas/Semester : III / 1 Alokasi Waktu : 2 minggu I. STANDAR KOMPETENSI I. PKn 1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda II. IPS 1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah III. Bahasa Indonesia Mendengarkan 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan Berbicara 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran IV. Matematika 2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah V. IPA 2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan 3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari II. KOMPETENSI DASAR 1. PKn : - Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa - Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari 2. IPS : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah - Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa 3. IPA : - Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar - Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan, meliputi benda padat, cair dan gas - Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas 4. Matematika : - Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka - Melakukan operasi hitung campuran 5. Bahasa Indonesia : - Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami III. TUJUAN PEMBELAJARAN** 1. PKn : - Siswa dapat menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan - Siswa dapat Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan 2. IPS : - Siswa dapat Menyebutkan tempat kenampakan alam - Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan - Siswa dapat Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede 3. IPA : - Siswa dapat melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah - Siswa dapat mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah - Siswa dapat memberi contoh benda padat - Siswa dapat menuliskan contoh benda cair - Siswa dapat menyebutkan contoh benda gas - Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah - Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya - Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya - Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya 4. Matematika : - Siswa dapat mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok - Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian - Siswa dapat memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian 5. Bahasa Indonesia : - Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama - Siswa dapat menuliskan nama-nama tokoh dalam drama - Siswa dapat menjelaskan makna simbol - Siswa dapat menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery) IV. MATERI POKOK 1. PKn • Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa 2. IPS • Kerja sama di lingkungan rumah 3. IPA • Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup. • Perubahan pada makhluk hidup • Sifat-sifat benda 4. Matematika • Garis bilangan • Penjumlahan dan pengurangan • Perkalian dan pembagian • Uang • Alat ukur • Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat. 5. Bahasa Indonesia. • Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan. • Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak. • Menceritakan pengalaman yang mengesankan. • Memberikan tanggapan dan saran sederhana. • Menjelaskan isi teks. V. METODE PEMBELAJARAN 1. Informasi 2. Diskusi 3. Tanya jawab 4. Demontrasi 5. Pemberian tugas VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN A. Kegiatan Awal Apresepsi:  Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.  Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.  Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu B. Kegiatan Inti Minggu I Pertemuan pertama : 6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: IPA  Guru menerangkan pentingnya memelihara kesehatan lingkungan sekolah dan siswa memperhatikannya  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai ciri-ciri lingkungan yang sehat  Guru menyuruh siswa mempraktekan cara memelihara kesehatan lingkunga sekolah PKn  Guru menerangkan tentang makna satu Nusa satu Bangsa dan satu Bahasa dan siswa disuruh menerangkannya kembali  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang waktu pertama kali sumpah pemuda dibacakan  Guru menjelaskan tempat pertama kali dibacakan Sumpah Pemuda Matematika  Guru membagi siswa ke dalam enam kelompok  Guru membagikan lembar tugas pada tiap kelompok  Setiap kelompok mengerjakan lembar tugas mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai kelas 6 Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: Bahasa Indonesia  Siswa mendengarkan petunjuk bertelepon yang baik  Siswa menceritakan pengalamannya bertelepon  Guru menyuruh siswa mempraktekkan pemakaian telepon dengan menggunakan telepon mainan IPS  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar  Siswa mendiskusikan perbedaan kenampakkan alam dan kenampakkan buatan Matematika  Guru menerangkan penjumlahan tiga angka dan siswa disuruh mengerjakan soal  Guru mendemontrasikan pengurangan tiga angka dan siswa menyelesaikan soal  Guru menyuruh siswa untuk melakukan pengurangan secara langsung membeli barang di warung Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: Bahasa Indonesia  Siswa mendengarkan pembacaan naskah drama  Siswa mempraktekan pembacaan naskah drama  Guru menyuruh siswa mengungkapkan pendapatnya tentang isi teks drama yang didengarkan Matematika  Guru memberikan contoh hitung campuran penjumlahan dan pengurangan  Siswa mengerjakan soal hitung campuran penjumlahan dan pengurangan  Guru mendemontrasikan cara menggunakan kartu bilangan untuk menyelesaikan hitung campuran  Siswa melakukan permainan hitung campuran dengan menggunakan kartu-kartu bilangan IPA  Guru bersama siswa menyebutkan contoh benda-benda di lingkungan sekolah yang termasuk benda padat  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai benda cair yang berada di lingkungan sekolah  Guru menyebutkan sifat-sifat benda padat dan siswa menyebutkannya kembali  Guru menanyakan kepada siswa mengenai sifat-sifat benda cair Minggu II  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika) IPA  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai contoh benda yang terbuat dari plastik  Guru melakukan tanya jawab mengenai kegunaan benda yang terbuat dari plastik  Guru memberikan contoh benda yang terbuat dari kertas dan siswa menyebutkan contoh yang lain  Guru melakukan tanya jawab mengenai kegunaan benda yang rterbuat dari kertas PKn  Guru menjelaskan contoh pengamalan nilai-nilai sumpah pemuda  Siswa menyebutkan kembali contoh pengamalan nilai-nilai sumpah pemuda  Guru menyuruh siswa memberikan contoh kegiatan kepemudaan  Guru membagi siswa kedalam enam kelompok  Siswa mendiskusikan kegiatan kepemudaan mengenai tempat kegiatan dan kegiatan yang dilakukan Matematika  Guru memberikan contoh hitung campuran perkalian dan pembagian  Siswa mengerjakan soal hitung campuran perkalian dan pembagian  Guru mendemontrasikan cara menggunakan kartu bilangan untuk menyelesaikan hitung campuran  Siswa melakukan permainan hitung campuran dengan menggunakan kartu-kartu bilangan Ke Pertemuan dua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: Bahasa Indonesia  Guru menunjukkan gambar rambu-rambu lalu lintas  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu-rambu lalu lintas  Guru mengintruksikan siswa menggambar salah satu rambu lalu lintas  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu lalu lintas yang digambarnya IPS  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kelurahan  Guru mengajak siswa berkunjung ke kelurahan Balonggede  Guru memberikan tugas pada siswa untuk mencatat data jumlah penduduk mengenai kelahiran dan kematian di kelurahan Balonggede Matematika  Guru mendemontrasikan hitung campuran perkalian dan pembagian dalam soal cerita  Siswa mengerjakan hitung campuran perkalian dan pembagian dalam soal cerita  Guru menguji keterampilan siswa mengerjakan hitung campuran secara individu di papan tulis  Guru bertanya kepada siswa mengenai cara hitung campuran perkalian dan pembagian dengan dengan cepat Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: Bahasa Indonesia  Guru menyajikan teks drama dan mengintruksikan siswa membentuk kelompok sesuai dengan tokoh yang ada dalam teks drama  Guru meminta siswa membagi peran dan mempelajari peran kemudian memerankannya secara bergantian IPA  Guru memberikan contoh benda yang terbuat dari kayu  Siswa memberikan contoh benda yang terbuat dari kayu  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegunaan benda yang terbuat dari kayu Matematika  Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan hitung campuran penjumlahan, pengurangan, dan perkalian  Siswa menyelesaikan soal cerita penjumlahan, pengurangan dan perkalian  Menjelaskan soal cerita dengan menggunakan hitung campuran penjumlahan, perkalian dan pembagian  Siswa menyelesaikan soal cerita pembagian, penjumlahan dan pembagian  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan C. Kegiatan Akhir Dalam kegiatan Akhir, guru:  Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan  Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR Sumber Belajar 1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan 2. Buku IPA 3. Buku Matematika 4. Buku Bahasa Indonesia 5. Buku IPS 6. Eksiklopedia 7. Kamus Bahasa Indonesia 8. Pedoman EYD 9. Koran dan majalah 10. Media elektronik Alat Peraga 1. Gambar kenampakan alam 2. Gambar kenampakan buatan 3. Gambar peristiwa alam 4. Teks drama 5. Contoh/tanda rambu-rambu lalu lintas 6. Pesawat telepon mainan 7. Benda padat dan cair VIII. PENILAIAN Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen 1. PKn :  Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan  Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan 2. IPS :  Menyebutkan tempat kenampakan alam  Menyebutkan tempat kenampakan buatan  Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede 3. IPA :  Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah  Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah  Memberi contoh benda padat  Menuliskan contoh benda cair  Menyebutkan contoh benda gas  Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah  Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya  Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya  Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya 4. Matematika :  Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok  Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian  Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian 5. Bahasa Indonesia :  Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama  Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama  Menjelaskan makna simbol  Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar Tes lisan Tes tertulis uraian isian 1. PKn :  Sebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan  Sebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan 2. IPS :  Sebutkan tempat kenampakan alam  Sebutkan tempat kenampakan buatan  Bagaimana cara mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede 3. IPA :  Bagaimana cara melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah  Jelaskanlah benda-benda di lingkungan sekolah  Sebutkanlah contoh benda padat  Tuliskan contoh benda cair  Sebutkan contoh benda gas  Jelaskanlah benda-benda di lingkungan sekolah  Sebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya  Sebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya  Sebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya 4. Matematika :  Ada berapakan jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok ?  Bagaimana cara menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian  Bagaimana cara memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian 5. Bahasa Indonesia :  Sebutkan tokoh-tokoh dalam drama  Tuliskan nama-nama tokoh dalam drama  Jelaskan makna simbol  Jelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar • LKS • Lmbar observasi.  Kriteria Penilaian 1. Produk ( hasil diskusi ) No. Aspek Kriteria Skor 1. Konsep * semua benar 4 * sebagian besar benar 3 * sebagian kecil benar 2 * semua salah 1 2. Performansi No. Aspek Kriteria Skor Partisipasi * bekerjasama 4 * kadang-kadang kerjasama 2 * tidak bekerjasama 1 * aktif berpartisipasi4 * kadang-kadang aktif 2 * tidak aktif 1 3. Lembar Penilaian No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai Kerjasama Partisipasi 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10. Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP/NIK : ………………… ……...., ………………… 20… Guru Tematik Kelas III ( …………………...……… ) NIP/NIK : …………………

0 Comments:

Post a Comment